Puskesmas

Sejak minggu lalu, tepatnya tgl 12 Agustus 2008, tenggorokan saya terasa sakit. Waktu kerja, saya pun gak bisa konsentrasi 100 % karena sakit kepala juga ikut-ikutan bikin kepala puyeng! Sakitnya cukup mengena sih, kepala pusing, tenggorokan sakit alias gatal, dan suara jadi serak seperti abis nonton konser. Di rumah, saya dikasih anti biotik ama obat batuk ama Bibi. Karena tuh anti biotik ga diminum lagi setelah merasa diri enakan, eh mulai Sabtunya, tuh batuk malah datang.

Karena belum sempat pergi ke dokter, dan belum ada skejul yg pas untuk ke dokter, akhirnya baru Rabu 20 Agustus 2008 saya datang ke Puskesmas. Kenapa ke Puskesman?
- Pertama, ini merupakan pertolongan pertama yg cukup baik kalau-kalau kita gak sembuh dengan obat yg diberikan Puskesmas, kita bisa berobat lagi ke dokter swasta.
- Kedua, lokasi Puskesmas ini ga jauh dari rumah. Cukup jalan ga sampai 10 menit, dah langsung nyampe ke Puskesmas.
- Ketiga, kita hanya perlu membayar biaya administrasi setiap kali datang, yaitu 3.000 perak. Tapi kalau misalnya ada tindakan lain, seperti cabut gigi atau tambal gigi, akan dikenakan biaya lain. Tapi tenang saja, biayanya masih pas dengan kantong anak kost-kostan. He he he...

Hari itu ga terlalu banyak pasien, tapi para personilnya sedang sibuk dengan berkas-berkas (entah laporan atau apa), sehingga pasien harus menunggu cukup lama hanya untuk administrasi. Setelah dipanggil dan dibawakan dokumen ke dokter umum, saya langsung dipanggil untuk periksa. Pemeriksaan pun ga makan waktu lama. Semuanya berjalan cepet, dan saya langsung disuruh menebus di apotik yg memang disediakan oleh puskesmas itu. Obat yg diberi adalah obat generik selama 3 hari. Jika kita memang belum sembuh dari penyakit tsb, kita tinggal datang lagi aja untuk periksa ulang atau mencari dokter lain aja (baca: dokter swasta).

Tapi untuk saya, rasanya Puskesmas sudah cukup memberi kemudahan untuk yg kekurangan biaya berobat ke dokter swasta. Harga periksa yg murah dan obat yg diberi secara gratis (walau hanya untuk 3 hari), tapi itu semuanya sudah cukup membantu kita agar tetap sehat. Hidup Puskesmas, semoga semakin jaya dalam melayani pasien. ^-^

22:38 21/08/2008

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Bahasa Serapan...

Modus Penipuan Pembeli Online