Posts

Showing posts from November, 2006

Ngomongin Orang

1: Kenal Josh W. Bush?
2: Ga kenal. Cuma tau doang.
1: Maksud saya juga itu. Saya juga belum kenalan.
2: Terus kenapa emangnya?
1: Senin besok (20/11) doi kan datang ke Indonesia.
2: Iya, nyibukin Indonesia tuh... iya kan?
1: Hmm.. Sampe Indonesia (rela) ngeluarin Rp. 6 milyar lebih tuh katanya...
2: Iya ya... padahal cuma 6 jam doang. Terus, belum tentu berdampak positif tuh buat Indonesia.
1: Ho oh... yang ada cuma demo dimana-mana menentang hadirnya doi.
2: Eh, tapi kalo dipikir-pikir, doi 'artis' termahal loh!
1: Koq bisa?
2: Ya iya, kan Indonesia ngeluarin Rp. 6 milyar untuk ngejamu doi dkk selama 6 jam! Berarti 1 jam doi hadir, kita mesti bayar Rp 1 milyar rupiah! Busyet!!!
1: Dasar luh... Tapi harusnya kita berpikir positif pa ngga nih? Kan Indonesia nanti bakalan ngomongin kerja sama di bidang kesehatan, pendidikan, dll?
2: Ya kalo cuma ngobrol gituan mah ga usah pake nyibukin diri juga bisa kan? Lagian tamu-tamu negara lain kalo datang sambutannya ya normal-normal aja...
1: Bener j…

Kemenangan Demokrat

waduh... waduh... ini salah satu berita yang membuat hati saya (sedikit) bahagia. Apa pasal?

Tahu dong berita Pemilu AS yang berlangsung 7 November lalu? Hasil dari pemilu sela tersebut, membawa kubu Demokrat menjadi berjaya di kursi DPR. Ini berarti, bakal ada angin segar dari kebijakan Amerika tentang serangan-serangannya ke Timur Tengah menjadi lebih baik, yaitu perdamaian. Semoga ya?!

"Inilah ekspresi rakyat yang ingin mengedepankan prinsip-prinsip demokrasi dan akuntabilitas. Sebuah pemerintahan yang buruk patut dihukum, dan pemerintahan ini (Bush) telah menunjukkan kinerja yang buruk dalam banyak hal." Itulah tulisan editorial The New York Times yang dikutip dari Kompas 9/11.

11:41 18/11/2006

Angklung Milik Negara Lain

udah baca Kompas hari Kamis (9/11) lalu yang judul beritanya "Angklung Terancam Dipatenkan Negara Lain"? Waduh, kayaknya gawat ya? Nanti lama-lama keanekaragaman Indonesia malah jadi orang lain? Gimana nih?

Musik Angklung sendiri adalah kebudayaan seni dari daerah Jawa Barat. Adapun, menurut www.musicmall_asia.com, disebutkan bahwa Angklung berasal dari Johor, Malaysia.

Menurut Obby AR Wiramihardja, Ketua Umum Masyarakat Musik Angklung (MMA), jika Angklung sampai dipatenkan negara lain, pada masa yang akan datang seniman Indonesia harus meminta izin kepada negara lain jika ingin memproduksi atau memainkan instrumen tersebut.

Jadi, kepada Pemerintah, khususnya Departemen Kebudayaan dan Pariswisata, untuk segera mematenkan alat musik Angklung sebagai alat musik yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia. (diolah dari Kompas 9/11)

11:32 18/11/2006

Malam Takbiran...

Image
Malam takbiran lalu, tepatnya tanggal 23 Oktober 2006, saya barengan Mama dan Mas In sempet jalan-jalan ke kota Sukabumi. Wuih, busyet! Ternyata jalanan ramai betul. Salah kalau kamu mengira ramai karena orang-orang berarakan menggunakan kendaraan bermotor untuk takbiran.

Yang terjadi adalah banyaknya orang-orang yang ingin berjalan-jalan di suasana keramaian malam takbiran. Sepertinya, saat itu, semua orang yang tidak suka main di keramaian malam pun, ikut meramaikan malam takbiran. Jadinya, jalanan seperti kawanan semut yang berkerumun. Rute angkutan kota pun dijaga ketat oleh Polisi dan DLLAJ sehingga mengitari rute baru.

Dan saya baru lihat, kalau malam takbiran di Kota Sukabumi bisa semacet itu. Busyet deh. Btw, ini nih, ada foto-foto 'gelap' dari malam takbiran lalu.

Jalanan yang macet karena banyaknya orang berjalan kaki.

Salah satu mobil patroli dari pihak Kepolisian.

[31okt2006/21:19wib]