Merdeka...!

Merdeka!
Merdeka!
Merdeka!

Hari ini, sudah 63 tahun negara tercinta, Republik Indonesia ini memproklamirkan kemerdekaannya. Tanpa proses perjuangan, proklamasi yg dilakukan Soekarno-Hatta ini mungkin tidak akan pernah tercapai. Pada jaman disaat negara Indonesia dulu masih terbelakang, dan suka dijajah oleh negara orang lain, pasti akan merasa suatu yg tak mungkin Indonesia bisa merdeka seperti sekarang. Tapi, dengan semangat juang yg sangat tinggi, disertai juga rasa cinta dengan tanah air, inilah bumbu-bumbu yg membuat negara ini seperti hari ini.

Tapi, apa kita memang sudah merdeka?

Banyak sekali orang yg bertanya akan hal ini. Apa kita sudah merdeka? Bagi saya, merdeka berarti bebas. Bebas melakukan hal apapun, bebas mengekspresikan diri, bebas menyuarakan pendapat, bebas bersosialisasi dengan siapapun, dan bebas melaksanakan semua kegiatan harian, tanpa perlu ada perbudakan atau penjajahan. Kalau menurut kamu, gimana?

Yang pasti, kita masih harus bersyukur karena kita dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia, menjadi bagian bangsa Indonesia, yg memiliki ragam khas, macam, budaya, juga adat istiadat. Inilah yg membedakan negara Indonesia dengan negara lain, yg jarang memiliki keragaman khas, budaya, dan adat istiadat. Oleh karenanya, selain bersyukur, kita sebagai generasi muda bangsa, lebih baik kita melanjutkan perjuangan kemerdekaan ini dengan mengisi kegiatan yg positif. Jangan suka merusak atau menjatuhkan nama baik Indonesia. Semua ini bisa dimulai dari diri sendiri, dari hal yg kecil, dan dimulai dari sekarang. Oke?

21:20 17/08/2008

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Bahasa Serapan...

Modus Penipuan Pembeli Online