Kartu Member

Pernah gak sih ketika kamu belanja di ritel tertentu, lalu mereka menawarkan untuk menggunakan kartu member? Nampaknya saat ini hampir semua ritel ternama pasti memiliki kartu member. Bener gak? Tentu saja tujuan dari pembuatan kartu member adalah untuk meningkatkan loyalitas pembeli di ritel tersebut, dengan harapan pembeli akan kembali lagi berbelanja di saat berikutnya dan seterusnya. Namun sayang, saya belum mendapatkan referensi mengenai asal muasal kartu member itu sendiri.

Nampaknya kartu member sendiri banyak jenisnya. Namun dari yang sering saya dapatkan, ada dua macam kartu member. Ada yang mendapatkan harga diskon atau harga spesial, dan ada juga yang memberikan poin. Namun pada pelaksanaannya, banyak ketentuan yang harus diperhatikan dalam penggunaan kartu member agar dapat merasakan benefit alias manfaat yang benar-benar terasa.

Fungsi kartu member sendiri sangat bermanfaat bagi customer, apalagi kalo dapat memberikan diskon khusus. Namun tidak jarang, banyak orang yang memiliki kartu member hanya sekedar punya, sebagai aksesoris pelengkap dompet. Semakin banyak macam kartu member, semakin menampilkan seringnya kita berbelanja. Bener gak tuh? Apapun itu dibalik penggunaan kartu member, dan bukan bermaksud melakukan marketing, atau saya ditunjuk oleh pihak tertentu untuk melakukan marketing, tapi saya mau berbagi pengalaman saya dengan beberapa macam kartu member.

360 Central Park Member Card
Kartu member dari Central Park Mall, Jakarta Barat, dimana bisa kita dapatkan setelah nominal belanja Rp. 500.000 di Central Park Mall. Setiap kali kita berbelanja di seluruh tenant Central Park Mall, kita bisa tukarkan dengan poin untuk ditukar hadiah, gift, voucher, dan lainnya. Dan ada juga poin untuk undian yang biasanya dilakukan satu tahun sekali.

Ace Reward
Dengan iuran keanggotaan Rp. 100.000 setiap tahunnya, kita dapat mengumpulkan poin setiap pembelanjaan kelipatan Rp. 100.000. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan voucher belanja maupun dengan barang yang tersedia. Ada juga program khusus member seperti potongan harga atau harga spesial di event-event tertentu.

Century Member Card
Walau potongannya tidak besar, sekitar 5% setiap transaksi, tapi lumayan buat lebih berhemat. Apalagi pembuatan kartu member dari Apotik Century ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Chatime Card
Kartu member dari minuman susu dan teh ini bisa kamu dapatkan seharga Rp. 20.000. Kalau kamu sering minum Chatime, setidaknya kamu harus menggunakan kartu member ini. Karena setelah kamu mengumpulkan 50 poin, kamu bisa mendapatkan satu buah minuman gratis untuk ukuran reguler. Penghitungannya satu buah poin itu senilai Rp. 10.000.

Express Factory Outlet
Salah satu factory outlet yang ada di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, dimana kita bisa mendapatkan diskon 10% untuk setiap produk. Sayangnya kartu member ini sudah tidak diterbitkan, tapi masih bisa dinikmati bagi yang masih memiliki kartu member.

Inul Vizta Member Card
Setiap kamu bertransaksi Rp. 500.000 di Inul Vista Family Karaoke, kamu sudah bisa mendapatkan kartu member. Kartu member ini berguna untuk mendapatkan potongan harga 10% setiap transaksi. Tapi potongan harga gak berlaku kalau sedang ada promo atau tawaran lainnya.

Matahari Rewards (Ovo)
Dulu namanya MCC (Matahari Club Card), sekarang jadi Matahari Rewards dan dikelola oleh pihak ke-3, Ovo. Jadi selain mendapatkan poin pembelanjaan dalam bentuk nilai Rupiah di Matahari Department Store, kedepannya kartu Matahari Rewards ini dapat dipakai di ritel lain yang menggunakan provider Ovo. Poin yang sudah dikumpulkan ini bisa kamu pakai untuk potongan transaksi belanja kamu.

Optik Tunggal VIP
Waktu itu dapat kartu member Optik Tunggal setelah melakukan pembelian kacamata di Optik Tunggal. Cuma lupa berapa nominal biar bisa dapat kartu member. Penggunaannya tentu tidak mendapatkan poin, tapi mendapatkan potongan harga untuk setiap pembelian kacamata. Variasi besaran diskonnya hingga 30%.

Ponta Card
Ponta Card ini seperti provider penyedia jasa kartu member. Dengan memiliki Ponta Card, kamu bisa mendapatkan poin pembelanjaan maupun diskon di Alfamart, Alfamidi, Lawson, Solaria, Saboga, Sunny Side Up, Sukigao, Day Trans, dan banyak lagi. Cara mendapatkan member pun mudah karena tidak mengeluarkan sepeser rupiah pun. Ponta juga tersedia aplikasi, sehingga kita bisa mudah mengecek status poin kita, mengetahui promo, dan yang paling penting bisa menggunakan kartu member secara elektronik, tanpa perlu membawa fisik kartu.

Salon Christopher
Banyak tersebar di pusat perbelanjaan, kartu member Christopher memberikan diskon semua perawatan sebesar 10%. Kartu member ini sudah tidak diterbitkan lagi, namun masih dapat digunakan.

Sogo Premier
Sebetulnya jarang-jarang juga belanja di Sogo. Tapi setelah diberi gratis setelah pembelanjaan Rp 200.000, jadi buatlah membernya. Membernya tergabung dengan MAP Club, jadi sudah pasti bisa digunakan untuk mengumpulkan poin di seluruh tenant MAP Club. Selain itu member Sogo Premie ini juga bekerja sama dengan tenant lain dalam memberikan diskon, seperti diskon 10% untuk perawatan di Salon Irwan Team Central Park Mall, Jakarta Barat.

Starbucks Card
Yang ini pasti sudah tau lah ya penawaran dari kartu membernya? Selain kita mendapatkan poin setiap pembelian minuman, ada juga penawaran khusus jika ada rilis produk Starbucks baru seperti Tumbler. Kartu membernya pun dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Sehingga kita gak perlu repot bawa uang, cukup bawa kartu member saja. Untuk kartu member sendiri gratis, hanya perlu melakukan pengisian awal kartu Rp. 100.000. Setelah aktivasi kartu, kita bisa mendapatkan satu buah minuman ukuran sedang (Grande) secara cuma-cuma.

WMC (Wellcommshop Member Card)
Untuk mendapatkan member ini kamu harus mengeluarkan uang Rp. 100.000 (dan kamu akan dapat Flashdisk 4GB). Setelah itu kamu bisa mendapatkan poin yang mana poinnya bisa digunakan langsung untuk memotong pembelanjaan kamu berikutnya. Di toko ritel yang menjual gadget dan aksesorisnya ini, kamu bisa dapat cashback hingga 20%, tergantung produk yang kamu beli. Kartu membernya pun tidak memiliki masa kadaluarsa.

Nah, itu dia beberapa kartu member yang saya pakai. Kalau kita sering melakukan transaksi di ritel tertentu, tidak ada salahnya kok menggunakan kartu membernya. Seperti Ponta Card, kita pasti sering transaksi di Alfamart, dan kita bisa langsung gunakan poin tersebut untuk melakukan pembayaran. Atau bisa mendapatkan barang yang diperlukan dengan menukarkan poin dari member lainnya.

Kalau kamu sendiri, apa kartu member yang kamu punya? Apakah menurut kamu menguntungkan memiliki kartu member? Boleh dong berbagi cerita kamu, kartu member apa yang paling menguntungkan?

Comments

Popular posts from this blog

Modus Penipuan Pembeli Online

Kuala Lumpur 2017