Cerita Lebaran

Alhamdulillah, tahun ini bisa berlebaran di kampung sendiri. Walaupun sekarang sudah gak tinggal di Karamat, tempat saya dibesarkan, tapi suasana lebaran di kampung Sudajaya gak kalah meriah ternyata. Ini merupakan kali pertama saya berlebaran di kampung Sudajaya, jadi masih melakukan adaptasi dan bingung sendiri dengan para tetangga yg notabene belum saya kenal betul. Apalagi para remaja sepantaran saya. Harap dimaklumi ya? Wong saya cuma pulang ke kampung halaman sehari saja dalam sebulan. Hehe...

Sehari sebelum lebaran, saya dah ada di Sukabumi. Selesai salat Subuh, kaki ini langsung melangkah ke kampung tercinta. Hmm.. Nunggu bis gak terlalu lama, tapi sayang, harus berdiri dari Plumpang sampai sekitar Cicurug. Gak papalah, wajar lagi acara mudik. Hehe.. Sampai rumah ngantuk berat, karena semalam habis lembur, ada promo Late Night Sale di tempat kerja. Jadi pulang ke kosan sekitar jam 1 an malem, gak  tidur, lanjut sahur, lanjut mudik.

Sorenya, saya ada acara bareng temen-temen jaman SMA. Buka puasa bareng. Acara tahunan yg selalu diadain, tapi tahun lalu saya absen karena belum dapet libur. Tahun ini, dengan dukungan dari Arni dan kawan yg lain, saya bertekad untuk datang ke acara setahun sekali ini. Dan saya seneng banget ternyata yg hadir hampir separuh dari penghuni kelas 3 IPA 4! Wuidih, sukses besar nih acara buka bersamanya. Tapi masih lebih seneng buka puasa di rumah, karena lebih leluasa, dan lebih nyaman gak ganggu orang-orang yg buka puasa juga. Seru banget.

Pulang ke rumah, selama perjalanan, ada beberapa tempat yg membuat tembakan petasan dari karbit. Hm... orang-orang nyebutnya apa yah? Kalo saya sendiri bilangnya bedil lodong. Ah pokoknya itulah. Jadilah malam takbiran itu ramai sekali. Hehe... Agak maleman lagi, Papa saya ngajak maen ke kota, ke pasar. Awalnya saya males banget, dah cape nih badan. Tapi gak apa-apalah, sekali-sekali jalan ma Papa. Kapan lagi? Eh ternyata, sampai di kota, jalanan pada ditutup karena ada pasar kaget. Orang-orang pada berjualan di pinggir jalan, dan jalanan dah penuh dengan orang-orang pada berdesakan. Wuah... Pantesan males banget. Hihi... Akhirnya, kita pulang begitu saja, gak menghasilkan sesuatu dan langsung tidur. Hehehe...

Paginya dibangunin ma Mama. Huah... mandi pagi jam 5.30 di kampung Sudajaya? Beu... bikin gigi saya bertubrukan mulu. Dinginnya bukan main!!! Sumpah! Kelar mandi, ganti baju, langsung salat Ied bareng Mama, Papa, kakak perempuan, kakak ipar, ma ponakan saya. Selesai salat Ied, langsung halal bi halal, saling minta maaf, dan jujur, hampir 95% orang-orang yg saya salamin itu gak saya kenal namanya. Minta maaf sekali lagi ya? Hehehe...

Pulang ke rumah, sungkeman lagi, jalan-jalan ke sekitar ke tetangga-tetangga, terus lanjut makan ketupat buatan Mama. Mantap! Hehe... Gak lama, kakak pertama saya datang ma istri dan anaknya juga. Sayangnya, saya gak sempet ketemu kakak kedua saya karena mesti berlebaran di Jakarta. Tidak apa-apalah, di sms juga masih bisa. ^^ Selesai melakukan semua tradisi, istirahat lagi. Ngantuk.

Sorenya dah langsung beres-beres berangkat ke Jakarta, karena Lebaran hari kedua saya dah masuk kerja, ditambah lembur 2 hari berturut-turut. Mantap! Menyenangkan sekali Lebaran tahun ini, kumpul ma temen-temen SMA, kumpul ma keluarga menyantap masakan Mama tercinta. Hehehe... Semoga masih diberi umur yg berkah hingga lebaran selanjutnya. Amin!

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Bahasa Serapan...

Modus Penipuan Pembeli Online