Laskar Pelangi

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Education
Akhirnya, setelah lama tidak nonton (karena bulan Puasa dan gak ada waktu kosong), saya berkesempatan nonton lagi akhir bulan lalu (30/10/2008). Itupun kalau nggak dipaksa temen, kayaknya saya juga ogah. Film yg dipilih kali ini film besutan Mira Lesmana dan Riri Riza, yg diangkat dari novel laris karya Andre Hirata, ya... Laskar Pelangi.
Empat puluh lima menit sebelum mulai, bangku yg kosong tinggal di barisan bawah (H-J). Dan waktu lihat siapa saja yg masuk bioskop, bukan hanya anak-anak muda saja, tapi juga orang tua, anak-anak, semuanya nonton sampai bangku bioskop nyaris penuh.

Film dibuka dengan cerita Ikal (Lukman Sardi) yg baru kembali merantau dari Pulau Jawa. Di perjalanan itu, dia menceritakan awal mulanya dia masuk sekolah, dan menjalani hari-hari sekolahnya dengan 10 temannya. Ya, 10 jadi angka keramat untuk SD Muhammadiyah Gentong. Pasalnya, pada saat Ikal masuk sekolah, mesti ada minimal 10 orang agar sekolah itu bisa eksis. Beruntung, sekolah itu diselamatkan oleh Harun, seorang yg memiliki kemampuan berbeda. Walau begitu, semua guru dan murid sangat antusias dengan kehadirannya. Termasuk dengan Ibu Muslimah (Cut Mini), yg baru pertama kali menjadi guru di sekolah tersebut.

Sampai di tahun ke-5 mereka tetap bersama di sekolah tua itu. Suka duka bersama, di sekolah yg bocor dan menjadi 'kandang' kambing disaat hujan. Banyak cerita lucu di tahun ke-5 ini. Seperti ketika SD Muhammadiyah tsb untuk pertama kalinya mengikuti acara karnaval kemerdekaan, atau gimana munculnya rasa cinta di hati Ikal terhadap Alin, anak pemilik toko kelontong yg menyokong kapur SD Muhammadiyah. Ada juga semangat perjuangan mereka dalam menjadi anak terbaik dengan mengikuti lomba cerdas cermat. Banyak juga sikap-sikap unik tiap anak yg membuat film ini lebih bermakna. Apalagi pemandangan yg dihadirkan juga sangat indah...

Film ini memang keren banget. Salut buat Mira Lesmana dan Riri Riza yg membuat nih film jadi keren. Top dah...

8:50 11/11/2008 -> edited

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Bahasa Serapan...

Modus Penipuan Pembeli Online