Virus Covid-19

Novel Coronavirus, yang disingkat Covid-19, atau lebih sering dibilang virus Korona, belakangan makin banyak dibahas. Khususnya setelah untuk pertama kalinya kasus penyakit Covid-19 ditemukan di Indonesia, pada tanggal 2 Maret 2020. Pada tanggal tersebut, ditemukan 2 kasus positif Covid-19, hingga akhirnya saat ini, hingga saya tulis ini sudah mencapai 10.118 kasus positif, 1.522 kasus yang dinyatakan sembuh, dan 792 kasus meninggal dunia. Semuanya sudah tersebar di 34 provinsi di Indonesia. 

Covid-19 yang pertama kali penyebarannya di Wuhan, China, merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Karenanya, gejala awalnya akan mirip seperti gangguan penderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Selain itu, masa inkubasi dari virus ini lumayan lama, 2-14 hari, sehingga akan menyulitkan untuk deteksi apakah terkena penyakit Korona ini atau bukan. Namun orang tanpa gejala pun dapat dinyatakan positif, jika memang pernah berinteraksi dengan pasien positif Covid-19. Sifat penyebarannya hingga saat ini yang diketahui bersifat droplet (lewat air liur). Sejak 12 Maret 2020 lalu status penyakit Covid-19 dirubah menjadi kasus pandemi oleh WHO. Hal ini dikarenakan penyebaran virus Covid-19 yang masif dari satu orang ke orang lainnya, meluas ke seluruh penjuru dunia, dan yang paling fatal adalah menyebabkan kematian. 

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh kita?
Tentu saja di saat seperti ini kita tidak boleh terlalu repot untuk menyetok bahan makanan dan kebutuhan lain. Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan mulai dari sendiri, dan lakukanlah secara konsisten.  

1. Cucilah tangan dengan sabun dan air. Seperti saat sebelum makan, ketika menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, setelah menutup mulut karena bersin atau batuk, atau setelah memegang hewan. Jika tidak memungkinkan mencuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60% kadar alkohol. 

2. Rajin-rajinlah membersihkan permukaan atau peralatan yang sering kita gunakan menggunakan disinfektan. Contoh permukaan yang sering digunakan seperti meja kerja, atau dapur. 

3. Tetap tinggal di rumah sebisa mungkin. Jika memang bukan karena suatu urusan penting, sebaiknya di rumah saja. Apalagi saat ini beberapa lokasi di Indonesia, sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

4. Jika kamu merasa tidak enak badan atau sakit, coba layanan kesehatan secara daring yang belakangan banyak bermunculan. Coba keluhkan segala penyakit yang dirasakan, jika memang diharuskan untuk merujuk ke rumah sakit atau klinik, tetap jaga diri dengan menggunakan masker. 

5. Ketika keluar rumah untuk bekerja, atau untuk membeli keperluan sehari-hari hari, dan kemanapun itu, jangan lupa untuk menggunakan masker. Gunakan setidaknya masker kain yang memiliki dua lapis, jika dirasa kurang aman menjaga air keluar dari mulut, tambahkan saja dengan selembar tisu. 

6. Hindari kerumunan, dan ikuti anjuran dari pemerintah. Jika memang harus mengantri, beri jarak sekitar 1-2 meter. 

Ayo saling menjaga diri masing-masing di masa pandemi ini. Menjaga asupan makanan dan selalu mengonsumsi makanan bergizi, melakukan olahraga, sehingga membuat badan kita tetap sehat. Dengan menjaga diri kita sendiri agar tetap sehat, maka keluarga yang di sekitar kita pun akan terjaga kesehatannya. Benar kan? Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kita bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasanya.

Sumber gambar dari sini.

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Bahasa Serapan...

Modus Penipuan Pembeli Online