Tips Menghadapi Penipuan Bagi Penjual

Sudah baca mengenai penipuan yang dilakukan si calon pembeli online? Boleh cek di sini untuk mampir dan membaca sebentar. Dan sekarang saya mau coba sharing tips untuk menghindari penipuan tersebut.

Gunakan Pihak Ke-3 dalam Bertransaksi
Saat ini sudah banyak portal atau situs online yang bisa digunakan untuk membantu memasarkan produk yang akan kita jual. Melalui situs pihak ke-3 tersebut kita bisa memberikan pilihan bagi pembeli untuk memnentukan tipe pembayaran dan memberikan rasa aman kepada si pembeli karena yakin uang akan aman tidak dibawa kabur hingga barangnya diterima si pembeli. Karena dana yang dibayarkan oleh pembeli tidak akan langsung diterima olen penjual, melainkan akan melalui penampungan terlebih dahulu. Ketika barang sudah dipastikan diterima dengan baik oleh pembeli, maka dana baru akan cair kez akun si penjual. Tokopedia dan Bukalapak merupakan contoh situs online yang menerima penampungan pembayaran.

Pastikan Bukti Transfernya
Jika si calon pembeli menginginkan pembayaran melalui transfer bank, pastikan si pembeli mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan. Cek transferannya di rekening terlebih dahulu, baru kita lakukan pengiriman  barang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh si pembeli. Dan perlu diingat, adakalanya jika transfer bank dilakukan malam hari, dana tidak akan langsung masuk secara otomatis karena di malam hari akan ada proses settlement bank, dan dana baru akan masuk esok harinya.


Aktifkan Mobile Banking atau Internet Banking
Untuk mempermudah proses pengecekan transaksi, ada baiknya kita melakukan aktivasi Mobile banking atau internet banking agar dapat selalu mengecek transaksi transfer pembayaran dengan mudah. Sehingga kita tidak perlu setiap saat pergi ke ATM terdekat hanya untuk melakukan pengecekan saldo. Biasanya mobile banking akan terhubung dengan nomor ponsel kita yang terdapat di smartphone, sedangkan untuk internet banking menggunakan alamat email. Untuk fasilitas ini biasanya tidak dikenakan biaya. Namun ada beberapa transaksi yang akan dikenakan biaya SMS/internet.

Mungkin 3 tips ini akan cukup membantu kamu dalam bertransaksi. Kalau menurut kamu ada tips lain, silakan berbagi di kolom komentar ya. Selamat berjualan teman-teman...

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Bahasa Serapan...

Modus Penipuan Pembeli Online