Nikmat Ramadhan di Indonesia



Tidak terasa bulan Ramadhan tahun ini sudah akan memasuki sepuluh hari terakhir. Senang rasanya masih bisa merasakan nikmatnya bulan Ramadhan, dimana Allah SWT menjanjikan berkah bagi seluruh umat Muslim di dunia. Dan saya menjadi salah satu dari sekian miliar orang yang diberikan berkah oleh-Nya, berupa kontrak kerja di salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Hehe... :)

Rasa syukur saya juga terucap tatkala saya bisa melaksanakan ibadah Ramadhan ini dengan baik dan mudah. Ya, mudah. Kenapa saya bilang mudah? Coba bandingkan saja denga negara-negara dengan mayoritas penduduknya non-muslim. Para muslim di negara non-muslim tersebut harus lebih bekerja keras hanya untuk sekedar beribadah Ramadhan.

Banyak acara televisi yang menyuguhkan kehidupan komunitas muslim di negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam. Dan saya sangat kagum dengan kekuatan iman mereka, keteguhan hati mereka, dan kesabaran mereka memegang teguh ajaran Islam. Saya jadi merasa malu sendiri. Bahkan di beberapa belahan dunia di saat musim panas, lamanya puasa bisa sampai lebih dari 10 jam! Tidak terbayangkan betapa harus menahan dahaga di panasnya udara musim panas.




Di Indonesia, umat muslim dapat beribadah dengan mudah karena agama Islam menjadi agama mayoritas di negara berpenduduk 240an juta ini. Selain karena Indonesia mengakui 6 agama melalui Undang-undangnya, di Indonesia juga kita dengan mudah bisa menemukan mesjid dimana saja ketika kita bepergian. Kita juga selalu mendengarkan adzan penanda waktunya salat karena masjid saling bersahutan mengumandangkan adzan. Dapat dengan mudah melaksanakan ibadah Tarawih di mesjid mana saja. Mudah melaksanakan sahur karena acara televisi siap menemani kita bersahur, dan ketika berpuasa kita tidak perlu gusar melihat rumah makan karena banyaknya himbauan rumah makan untuk menutup dengan tirai lapak jualan mereka untuk menghargai umat muslim yang berpuasa. Serta banyaknya kemudahan lainnya.

Sungguh suatu nikmat yang tidak bisa kita abaikan. Nikmat yang seharusnya bisa membuat kita lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT, Sang Maha Pencipta dan Pemberi, sehingga kita bisa mendapatkan amal ibadah yang maksimal di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Dan semoga kita bisa menjadi pribadi yang Fitri tatkala selesai melaksanakan ibadah Ramadhan ini.

Aamiin ya Rabbal alamin...

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Modus Penipuan Pembeli Online

Yang Beda di Pemilu 2019