Penipuan (Mengatasnamakan) BCA

Saya sudah bekerja di bidang perbankan lebih dari 10 tahun. Belum sebagai ahli sih, tapi dari pengalaman sendiri, semakin maju teknologi, para penipu pun akan semakin canggih. Entah dengan memanfaatkan celah kemanan di sistem perbankan, atau memang menggunakan penipuan lain untuk dapat mencari korban.

Surat edaran palsu, bukan resmi dari BCA

Dulu sebelum maraknya penggunaan Mobile Banking, ada penipuan yang bisa menghabiskan isi saldo nasabah tanpa disadari. Untungnya fasilitas tersebut sekarang sudah dihapus, sehingga tidak ada lagi memakan korban.

Selain itu dulu juga sering terjadi korban yang ditipu karena diiming-imingi dapat hadiah, tapi pada akhirnya nasabah malah kebobolan uang di tabungan. Modusnya adalah korban akan diinformasikan melalui telepon perihal hadiah yang didapat, lalu korban akan diminta ke mesin ATM untuk memeriksa hadiah yang diterima. Alih-alih mendapat hadiah, nasabah lebih seringnya secara tidak sadar malah akan melakukan transfer dana ke pihak penipu. Ada yang bilang hal tersebut bagian dari hipnotis. Namun sayangnya belum ada studi mengenai hal tersebut.

Masih banyak modus lain yang beredar, salah satunya yang baru-baru ini saya alami. Kali ini penipu mengatasnamakan BCA, dan menipu dengan memberikan informasi salah terkait kenaikan biaya transaksi yang akan dibebankan secara bulanan, bukan per transaksi.

Berikut kronologinya :

Pertama

Saya dikirimi pesan dari nomor 0856-6001-367, dengan foto profil Info BCA. Pesan pengumuman tersebut memberikan informasi jika BCA akan meningkatkan biaya transaksi menjadi bulanan dikarenakan ada pembaharuan dari Layanan Bank BCA. Lalu kita diminta untuk menuju tautan yang diberikan, untuk memberikan konfirmasi apakah kita Setuju atau Tidak Setuju dengan perubahan biaya tersebut.


Nah, biasanya yang langsung panik dengan biaya akan langsung menuju tautan yang diberikan. Padahal jika diteliti dari pengumumannya saja, jelas ini bukan template pengumuman yang selalu BCA buat.

Berikut tautan yang diberikan melalui pesan WhatsApp tersebut :
http://bit.ly/wwwfromtarifbankbcacoid

Dari alamat tautan saja sudah terlihat bukan alamat BCA. Alamat singkat BCA biasa akan menggunakan bca.id, bukan dari layanan pihak ketiga semacam bit.ly.
Disclaimer: saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi setelah menuju tautan di atas. Untungnya tautan tersebut saat tulisan ini terbit sudah tidak dapat diakses. Walau begitu tidak menutup kemungkinan akan muncul dengan alamat situs lainnya.

Kedua
Ketika sudah berada di tautan yang diminta, ada semacam informasi singkat mengenai perubahan biaya layanan BCA. Dalam halaman tautan tersebut, hanya tersedia satu tombol, CekTarif. Dimana dalam tombol tersebut kita akan 'diajak' menuju halaman selanjutnya untuk memilih tarif yang akan dipilih.

Ketiga
Di halaman selanjutnya kita diminta memasukkan nomor telepon kita. Lalu ada pilihan untuk tarif yang akan kita pakai. Tentu saja pilihan tarif ini tidak akan berpengaruh sama sekali.

Keempat
Setelah memasukkan nomor telepon dan memilih tarif, berikutnya kita diminta memasukkan nomor kartu ATM yang dimiliki. Tampilan di halaman ini tampil seperti aktivasi dalam aplikasi M-BCA.

Kelima
Halaman yang masih seperti aktivasi dalam aplikasi M-BCA ini akan meminta PIN untuk ATM. Anehnya, dalam tampilan ini PIN akan tetap terlihat. Jika merujuk ke aplikasi resmi BCA, PIN yang sudah diinput akan muncul dengan tanda bintang (*).

Keenam
Setelah memasukkan PIN, nanti akan muncul kode OTP yang harus dimasukkan. Jika kita sudah memasukkan data yang benar, pastinya data perbankan akan diambil oleh sang penipu. Namun ketika data yang dimasukkan salah, akan muncul halaman kesalahan yang meminta kita melakukan verifikasi ulang.

Tips
Dari kejadian ini, kita dapat mengambil pencegahan agar terhindar dari penipuan berkedok seperti ini. Berikut rangkuman tips yang bisa kalian lakukan :
1. Pastikan dahulu kebenaran dari informasi yang diterima.

2. Pastikan siapa pengirim informasi tersebut. BCA memiliki beberapa kanal resmi yang dapat dijangkau sebagai berikut :

- Aplikasi haloBCA (unduh di sini)
- Call center Halo BCA 1500888
- WhatsApp Bank BCA 0815-1500-998
- Twitter Halo BCA di @HaloBCA
- Email Halo BCA di halobca@bca.co.id
- Webchat Halo BCA di www.bca.co.id

3. Jangan pernah memberikan informasi yang bersifat rahasia selain karena keperluan atau tujuan tersendiri. BCA tidak akan pernah meminta informasi pribadi seperti no CVV dan bahkan PIN ATM sekalipun.

Jadi perlu diingat ya teman-teman, selalu waspada dan jangan pernah memberikan informasi pribadi dengan mudah ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga kita semua terhindar dari segala penipuan dan serangan siber. Dan jika ada kejanggalan yang dirasakan saat bertransaksi perbankan dengan BCA, jangan segan untuk segera lapor di kanal Halo BCA yang tersedia.

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Modus Penipuan Pembeli Online

Bahasa Serapan...