Bye TrackID™

Buat kamu pengguna Sony atau mantan pengguna Sony Ericsson, pasti tahu dengan aplikasi ini, TrackID. Aplikasi yang memungkinkan kita mengetahui judul lagu dari rekaman singkat lagu yang sedang diputar atau sedang main di Radio internal ponsel. Pada perkembangannya, aplikasi ini bisa memutar pra-dengar lagu secara utuh dan kamu bisa membeli lagu yang kamu suka tersebut. Ada juga fitur pencarian lirik dan pencarian video langsung dari YouTube.

Namun sangat disayangkan sekali, aplikasi unggulan dari Sony ini sebentar lagi akan dimatikan. Notifikasi tersebut muncul di update software terakhir aplikasi ini. Padahal jika dibandingkan dengan aplikasi pencari judul lagu yang lain, aplikasi ini sangat bisa diandalkan. Sistem pengecekan lagunya relatif lebih singkat. Jikalau tidak tersedia sinyal internet, aplikasi akan menyimpan hasil rekaman lagu dan akan mencari judul lagunya setelan kembali terkoneksi ke jaringan internet.

Penutupan ini rencananya akan berlangsung tanggal 15 September 2017. Pihak Sony hanya menyebutkan jika perusahaan sedang bergerak maju (berkembang), sehingga aplikasinya mesti ditutup. Tidak ada penjelasan lebih rinci mengenai alasan penutupan ini. Yang pasti, aplikasi yang menjadi ciri khas ponsel Sony ini akan hilang dan tidak dapat digunakan. Para pengguna yang mempunyai daftar lagu di aplikasi ini, harus memindahkan datanya sendiri sebelum tanggal penutupan. Sayang sekali.

 
Antarmuka aplikasi TrackID™.

Disamping berita penutupan aplikasi TrackID, ada arahan dari Sony kepada para pengguna TrackID untuk mengunduh aplikasi sejenis lain yaitu Shazam. Aplikasi yang disebutkan mirip dengan apa yang ditawarkan oleh TrackID. Pernah kala itu mencoba aplikasi Shazam di ponsel BlackBerry. Namun hasil yang didapat tidak semulus TrackID. Kadang gagal dan perlu dicoba berulang kali hingga baru mendapat jawaban judul lagu yang dicari. Namun untuk saat ini, saya masih belum memikirkan untuk melanjutkan menggunakan Shazam, atau mencoba mencari pengganti yang lain. Entahlah.

Buat kamu pengguna TrackID, mungkin ada yang mau berbagi pengalaman menggunakan aplikasi TrackID. Atau mungkin sudah ada yang menemukan aplikasi pengganti TrackID, boleh bantu share di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Modus Penipuan Pembeli Online

Bahasa Serapan...