Ulasan: Sony Xperia Z2 Tablet, Bukan Baru tapi Luar Biasa

Sudah sejak lama sebenarnya saya ingin menulis mengenai tablet yang saya pakai, Sony Xperia Z2 Tablet. Tapi belum sempat terus. Padahal saya sudah menggunakan tablet ini sejak Juni 2015 lalu. Dan sekaranglah baru sempat. Hehehe... Kenapa saya harus menulis mengenai tablet ini? Karena jarang banget ada yang menulis mengenai Sony Xperia Z2 Tablet ini. Jadi saya tertantang aja ingin mengulas tablet ini. Memang, Sony Xperia Z2 Tablet ini bukan keluaran terbaru (sekitar April 2014), tapi kinerjanya masih boleh dibanding dengan produk-produk tablet keluaran terbaru.



Desain
Yang ditawarkan tablet Sony ini adalah ketipisannya yg hanya 6,4 mm (172x266x6,4 mm), dan merupakan yang tertipis untuk tablet ukuran 10.1". Selain itu beratnya yang hanya 439 gr (versi LTE), membuatnya masih nyaman untuk dibawa kemanapun maupun digunakan saat dipegang oleh kedua tangan. Ukurannya memang sedikit lebih besar dibandingkan Apple iPad, maupun Samsung Galaxy Tab S2, karena bezel layarnya sedikit lebih lebar. Namun hal tersebut menjadi satu kelebihan karena ketika menggunakan tablet dengan kedua tangan, tangan akan berpeluang sedikit untuk menyentuh layarnya tanpa disengaja. Tidak terlalu banyak tombol di sepanjang sisi tablet. Hanya ada tombol Power dan Volume rocker di sebelah kiri. Tempat kartu memori, SIM Card, dan mikro USB di sisi atas menggunakan penutup cover, di sampingnya terdapat port infra merah. Di bagian bawah terdapat port untuk pengecas magnetik dan colokan handsfree 3,5". Tablet ini di pasaran tersedia dalam 2 warna, putih dan hitam.






Kinerja
Dengan dukungan prosesor Snapdragon 801 dengan 4 inti 2.3 Ghz dan RAM 3 GB, grafis Adreno 330, dapat membuat kinerja tablet berjalan mulus tanpa kendala yg berarti, walaupun menjalankan berbagai aplikasi sekaligus. Dengan aplikasi Small app, tablet ini mampu menjalankan video sambil menjalankan aktifitas yg lainnya. Aplikasi OfficeSuite Pro pun sudah terinstall dan dapat digunakan untuk melihat, merubah, maupun membuat dokumen baru. OfficeSuite Pro dapat mengakomodir pengolah dokumen, spreadsheet, maupun dokumen presentasi. Internal memorinya sebesar 16 GB, namun 5 GB sudah terisi untuk firmware. Tenang saja, kapasitasnya masih dapat ditambah dengan memori MicroSD sampai 128 GB.

Layar
Dengan dukungan Layar 10.1", tablet ini mengusung resolusi Full HD 1920x1200 piksel menggunakan Layar IPS yang memungkinkan melihat dari berbagai sudut. Teknologi Triluminos Display dan X-Reality juga disematkan guna mempertajam tampilan gambar maupun video yg ditampilkan di layar. Jika dibandingkan dengan Apple iPad maupun Samsung Galaxy Tab S2, kualitasnya hampir setara. Namun untuk kecerahan layar, Samsung masih lebih baik.

Multimedia
Aplikasi Album, Music, dan Video menjadi aplikasi bawaan Sony untuk multimedia. Sebelumnya, ada aplikasi Walkman sebagai aplikasi pemutar musik dari Sony. Namun belakangan, aplikasi tersebut digantikan dengan Music. Sony Xperia Z2 Tablet ini memiliki stereo speaker yang terpasang di sebelah kanan dan kiri layar untuk keluaran suaranyaq. Suara yang dikeluarkan juga cukup lantang dan keras. Bagi penikmat games, Sony Xperia Z2 Tablet ini sudah dilengkapi dengan PS4 Remote Play yang memungkinkan bermain game dan menggunakan kontroler nirkabel PS Dualshock 3. Sayang, saya bukan pecinta games jadi belum pernah coba fasilitas ini. Hehehe... Radio FM juga masih tersedia untuk menemani dikala waktu santai.



Kamera
Kemampuan kamera ini dapat mengambil gambar dengan resolusi 8.1 MP tanpa disertai lampu LED sebagai penerangan. Kameranya sudah dilengkapi dengan autofokus, namun hasil gambar masih di bawah rata-rata kamera ponel Sony. Namun untuk sekedar foto di cahaya yang cukup terang, hasil fotonya boleh dibilang lumayan untuk sebuah tablet. Untuk kamera depan, tablet ini memberikan dukungan resolusi 2 MP, cukup untuk sekedar melakukan video call maupun selfie. Selain itu kemampuan kameranya dapat merekam video Full HD, maupun mengambil gambar dengan scene tertentu.


Jaringan
Tablet ini sudah mendukung jaringan 4G/3G/EDGE. Dan tidak ada masalah dengan jaringan operator di Indonesia. Namun karena lebih sering terhubung dengan jaringan WiFi, jadi belom pernah dicoba kecepatan internet tanpa WiFi. Selain itu terdapat Bluetooth versi 4, NFC, serta DLNA untuk sharing foto, music, maupun video yang ada di tablet dengan televisi di rumah. 

Kemampuan Baterai
Ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, 6000 mAh. Secara teori baterinya bisa menopang hingga 50 hari dalam keadaan siaga, mendengarkan musik hingga 200 jam, memutar video hingga 13 jam. Ketika digunakan pada jaringan WiFi dan non WiFi, penggunaan standar dalam sehari 3-4 jam untuk browsing atau bermain game ringan, tablet ini sanggup bertahan hingga 7 hari. Belum pernah mencoba menggunakan jaringan GSM/3G secara terus menerus. Namun sepertinya untuk 2 hari masih mampu bertahan.

Untuk manajemen baterai agar lebih hemat, disediakan pilihan Stamina Mode dimana fungsinya dapat menghentikan aplikasi yg berjalan ketika ponsel dalam keadaan siaga/terkunci. Dengan mengaktifkan Stamina Mode dapat menghemat batere dua kali lipat.

Lainnya
Yang paling saya suka dari tablet ini adalah dukungan water and dust resistance, IP 55/58, dimana memungkinkan tablet untuk masuk ke dalam air tawar hingga 30 menit untuk maksimum kedalaman 1,5 m. Dengan catatan, semua port harus tertutup rapat. Pada perjalanannya, November 2015 Sony merubah klausul mengenai garansi water and dust resistance-nya, sehingga sekarang sudah tidak disarankan untuk menggunakan tablet di dalam air. Hmm... sayang juga ya. Namun setidaknya ketika kita sedang menggunakan tablet di pinggir kolam dan tidak sengaja tablet terjatuh ke dalam air, kita tidak perlu repot untuk segera mengeringkan tablet. Atau ketika hujan melanda, mungkin tablet ini bisa sebagai pelindung kepala sejenak. Hehehe...

Fasilitas lain yang jarang ditemui di tablet lain adalah Remote Control, yang mana kita dapat menggunakan tablet sebagai remote televisi, DVD player, atau lainnya. Dengan fungsi makro, kita juga dapat melakukan setting remoe untuk memutar video terentu dan memberikan surprise kepada seseorang yang spesial.

Sony sendiri menyiapkan berbagai aksesoris sebagai penunjang aktifitas dalam menggunakan tablet ini. Seperti Remote Bluetooth dengan Fungsi Handset, Dok Pengisi Daya Magnetis, Speaker Bluetooth dengan Pad Pengisi Daya Magnetis, Sampul Penyangga, Bluetooth Keyboard, dan lainnya. Namun untuk pasar Indonesia tidak semua akesoris yang ditawarkan tersedia.

Kesimpulan
Sebagai tablet multimedia, tentu tablet ini sangat mumpuni. Memutar musik maupun memutar video dapat berjalan tanpa kendala. Memainkan game 3D pun tidak ada masalah. Untuk aplikasi perkantoran, juga dapat diandalakan. Sudah tersedia aplikasi OfficeSuite Pro untuk mengolah dokumen. Kalaupun kurang, masih bisa mengunduh aplikasi office lainnya. Sehingga tablet ini cocok buat hiburan maupun untuk melakukan pekerjaan kantor. Tablet ini luar biasa.

Kendalanya, kualitas hasil kamera yang masih di bawah rata-rata jelas mengganggu penilaian umum. Serta ukuran bezel layar yang sedikit lebih besar bisa membuat ketertarikan orang berkurang dengan tablet ini.

Produsen : Sony Mobile
Tipe : Sony Xperia Z2 Tablet
Harga : Rp. 8.999.000 (www.blibli.com)
Nilai : 9/10
Situs Resmi: Sony Mobile

Comments

Popular posts from this blog

Kartu Member

Modus Penipuan Pembeli Online

Kuala Lumpur 2017